Bimbingan Teknis Sinergi Media Sosial Aparatur Negara (SIMAN) dan Pengelola Media

Perkembangan media sosial sangat mempengaruhi pembentukan opini publik, maka penting bagi kita sebagai ASN khususnya yang bertugas mengelola media untuk menguasai teknik pembuatan konten kreatif untuk menangkis informasi negatif di media sosial. Oleh sebab itu Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengadakan Rapat Koordinas Siman Dan Bimtek Pegelola Media Provinsi Wilayah Indonesia Tengah, di Hotel Aston Kuta Kabupaten Badung Provinsi Bali, pada hari Rabu tanggal 30 April 2019. Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Diskominfo Kabupaten Klungkung berkesempatan mengikuti acara dimaksud.

Penetrasi internet di Indonesia dengan jumlah 143,6 juta di awal tahun, dan ini terus berkembang. Di erapost truth denganeco chamber-nya mengakibatkan bahwa kebenaran itu tergantung dari viralnya sebuah informasi. Ketika sebuah informasi terus menerus dipaparkan kepada kita, maka pada akhirnya kita akan meyakini bahwa informasi tersebut adalah sebuah kebenaran, tanpa menghiraukan logika. Maka pengelelolaan komunikasi dan informasi menjadi penting, apalagi dalam era mengantisipasi era post-truth ini. Pada bimtek kali ini, para pengelola media internal instansi dikumpulkan untuk diberikan ilmu pembuatan konten kreatif positif dan ditambah pengetahuan mengenai SIMAN.

Jumlah ASN saat ini kurang lebih mencapai 5 juta, harus solid dan memiliki satu visi. Kita harus menciptakan sebuah yang tidak terkalahkan. Diharapkan pemerintah tidak kewalahan dalam mengekspos sebuah berita yang penting untuk diketahui masyarakat. Kita sudah terlalu lama membiarkan konten dan isu-isu negatif yang tersebar. Pembiaran ini yang sebenarnya berbahaya. Sesungguhnya kita perlu memberikan respon dan melakukan sanggahan terhadap isu tidak benar tersebut.

Di media sosial, jumlah menjadi penting. Informasi yang lebih banyak dicuitkan (twitter) maka informasi tersebut lah yang akan diyakini benar dan berdampak besar. Maka dari inilah pentingnya kita berhimpun sebagai aparatur negara.Sekarang eranya melakukan pendekatan yang berbeda, bukan lagi memberitakan kegiatan seremonial pimpinan. Sekarang eranya mengangkat dari sisi penerima manfaat dari pelayanan atau program dan kebijakan pemerintah, potensi-potensi kedaerahan di masing provinsi, kabupaten dan kota. Di internet sangat banyak aplikasi yang memudahkan kerja kita dalam membuat konten-konten kreatif. Skill saja tidak cukup, lebih dari itu perlu dibuka dulu mindsetnya. Di era informasi, posisi dan kewenangannya Bidang Komunikasi perlu ditingkatkan karena harus kerja cepat untuk merespon isu-isu yang berkembang cepat dalam hitungan detik. Tim SIMAN harus bekerja secara terstruktur, sistematis dan masif dalam menyebarkan berita positif dan mengcounter berita negatif.

iwss

Tinggalkan komentar