Diskominfo Klungkung Luncurkan Sistem Informasi Satu Data Statistik

“Menuju Klungkung Satu Data”
Senin (9/7/2018) Diskominfo Klungkung meluncurkan Sistem Informasi Satu Data Statistik, acara berlangsung di Ruang Rapat Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung. Acara dipimpin langsung Kadis Kominfo Kabupaten Klungkung (Drs. I Wayan Parna), didampingi Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Klungkung (Ir. A.A.A. Raka Suarningsih). Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Diskominfo, Para Kepala Bidang, Kepala Seksi dan staf di lingkungan Diskominfo Klungkung, serta para Admin Tim SIPD (sistem Informasi Perencanaan Daerah) dari 15 Perangkat Daerah dan Bidang Monitoring dan Evaluasi Baperlitbang yang diwakili Kasubid Data dan Pelaporan beserta staf serta Tim Developer.
Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo menyatakan bahwa selama ini data ada dimana-mana, namun ketika dicari data tidak ada dimana-mana. Dengan adanya Sistem Informasi Klungkung Satu Data,  pimpinan, perangkat daerah, masyarakat dapat mengakses data dan informasi daerah Klungkung dari mana saja, tanpa perlu lagi harus mengambil data di buku.
Sistem Informasi Satu Data Statistik (SISDATIK) merupakan portal informasi dan pengetahuan yang di dalamnya terdapat data dan informasi daerah sehingga dapat digunakan dalam perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.
Data dan Informasi yang tersedia berasal dari BPS, Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Klungkung dan Instansi Vertikal Lainnya. Dengan tujuan menciptakan transparansi dan akuntabilitas, mendorong inovasi  serta membuka peluang ekonomi melalui data yang akurat, terbuka, terpusat dan terintegrasi.
Hasil Identifikasi Kebutuhan Data, ada kurang lebih 3000 elemen data yang terbagi ke 4 Urusan yaitu Data umum, Data Urusan Wajib, Data Urusan Pilihan dan Data Tambahan. Yang mana untuk Data Umum, Data Urusan Wajib dan Data Urusan Pilihan mengacu pada Permendagri 86 Tahun 2017 dan Data Tambahan adalah data yang diisi sesuai data sektoral di masing-masing perangkat daerah, Instansi Vertikal Lainnya dan data Makro BPS Kabupaten Klungkung.
Meski Sistem Informasi Satu Data Statistik masih dalam tahap uji coba, namun Admin SIPD sudah dapat menginput data dan informasi ke sistem. Tim Developer dan Tim Pengelola Sistem Informasi Satu Data Statistik masih terus mengolah data, memperbaiki dan menerima koreksi dari perangkat daerah terkait elemen data yang sudah dimasukkan.
Setelah acara peluncuran SISDATIK, dilanjutkan dengan Sosialisasi dan Pelatihan kepada Admin SIPD penggunaan sistem tersebut.
Di akhir sambutannya, Kadis Kominfo menekankan kepada Tim SIPD untuk  input data secara berkala, agar data selalu aktual.(Kania_Diskominfo_2018)
      

Tinggalkan Balasan