Sosialisasi dan Pelatihan SISDATIK

“Menuju Klungkung Satu Data”

Diskominfo Klungkung hari ini (20/9) mengadakan sosialisasi dan pelatihan Sistem Informasi Klungkung Satu Data, acara berlangsung di Ruang Rapat Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung. Acara sosialisasi dan pelatihan dipandu langsung oleh Kasi Pengelolaan Statistik dan Data Elektronik Diskomifo Kabupaten Klungkung (Ida Ayu Kurnia Dewi, S.Kom), didampingi oleh Kepala Seksi Statistik Produksi BPS Kabupaten Klungkung (Ni Made Budiriani, SE). Ada 9 Perangkat Daerah yang diundang dalam acara tersebut. Acara ini merupakan kelanjutan dari acara SISDATIK sebelumnya yang sudah melaksanakan sosialisasi dan pelatihan, Tanggal 9 Juli 2018 kepada 16 Perangkat Daerah termasuk Diskominfo.   Perangkat Daerah yang diundang diwakili oleh Admin Tim SIPD (sistem Informasi Perencanaan Daerah).

Sistem Informasi Satu Data Statistik (SISDATIK) merupakan portal yang mengumpulkan data secara terpadu berisi tentang data dan informasi statistik daerah Kabupaten Klungkung sebagai dukungan dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah.

Data dan Informasi yang tersedia berasal dari BPS, Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Klungkung dan Instansi Vertikal Lainnya. Dengan tujuan menciptakan transparansi dan akuntabilitas, mendorong inovasi  serta membuka peluang ekonomi melalui data yang akurat, terbuka, terpusat dan terintegrasi.

Hasil Identifikasi Kebutuhan Data , ada  : 147 Header, 818 Variable, 2623 Elemen, 3998 Sub Elemen, 2194 Sub Sub Elemen, 265 Sub Sub Sub Elemen yang terbagi ke 4 Urusan yaitu Data umum, Data Urusan Wajib, Data Urusan Pilihan dan Data Tambahan. Yang mana untuk Data Umum, Data Urusan Wajib dan Data Urusan Pilihan mengacu pada Permendagri 86 Tahun 2017 dan Data Tambahan adalah data yang diisi sesuai data sektoral di masing-masing perangkat daerah, Instansi Vertikal Lainnya dan data Makro BPS Kabupaten Klungkung.  Aplikasi SISDATIK dapat diakses melalui [http://sisdatik.klungkungkab.go.id](http://sisdatik.klungkungkab.go.id) _(Kania_Diskominfo_2018)_

Tinggalkan komentar