Pemkab Klungkung Ikuti Asistesi Guna Tingkatkan Indeks SPBE

Tàk ingin indeks SPBE Pemerintah Kabupaten Klungkung hanya cukup, melalui Dinas Kominfo Kab. Klungkung serius mengikuti asistensi yang dilaksanakan Kementrian Menpan RB bertempat di Hotel Aston Denpasar selama dua hari, 27-28 Agustus 2019.
Kadis Kominfo, I Wayan Parna memimpin langsung kegiatan itu, didampingi Sekdis, Bagus Paramartha, Kasi E-Gov Komang Suastika dan Kasi Pengelolaan Informasi Publik Nyoman Ruspawan.

Wayan Parna menyampaikan, kegiatan Asistensi SPBE ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan SPBE, khususnya pada domain kebijakan SPBE, pelaksanaan tata kelola SPBE, dan penerapan layanan SPBE. Hal-hal yang dibahas dalam kegiatan Asistensi SPBE ini meliputi materi tentang semua indikator evaluasi, saran tindak lanjut dari hasil evaluasi, serta perbaikan tingkat kematangan penerapan SPBE masing-masing instansi. Diharapkan, dengan terselenggaranya Kegiatan Asistensi ini, akan meningkatkan indeks SPBE Pemkab, meningkatkan pelayanan administrasi pemerintahan, serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik secara keseluruhan.
Sebagai tidak lanjut asistesi ini, sesuai dengan kebijakan yang diambil Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, adalah membedah semua indikator penilaian dengan melibatkan dinas atau instansi.

Menurut Wayan Parna, penerapan SPBE atau E Goverment, Kominfo tak bisa sendiri, perlu keterlibatan semua dinas/instansi Pemkab. Klungkung. Pemerintah mengupayakan capaian indeks SPBE Kabupaten, selalu bergerak naik. Itu artinya Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah di seluruh wilayah Indonesia yang sudah menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dapat meningkatkan kualitas pelaksanaannya. Untuk mencapai target tersebut, maka Kementerian PANRB melakukan asistensi kepada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah dalam rangka perbaikan penerapan SPBE Kabupaten.(*)

Tinggalkan komentar