Membangun Desa dengan Internet

Menteri BUMN, Rini Soemarno meresmikan IDES Cafe secara nasional yang diselenggarakan di Desa Adat Sidayu, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Bali. Kegiatan tersebut di hadiri oleh Direksi BUMN, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, Kepala Dinas Kominfos Provinsi Bali, Kepala Diskominfo Kabupaten Klungkung, serta masyarakat.

“IDES Cafe adalah suatu brand untk hadirnya penetrasi internet di perdesaan” ungkap Hikmat Drajat, Direktur Utama PT Indonesia Comnets Plusatau yang lebih dikenal masyarakat dengan naam Icon +. ditambahkan pembangunan jaringan internet di desa akan menjadi langkah strategis dalam mengembangkan potensi masyarakat secara digital yang akan mempengaruhi segala bidang terutama ekonomi dan hal tersebut untuk kemajuan bangsa dan negara. Saat ini sudah terbangun lebih dari 3.000 IDES Cafe di selulruh Indonesia, dan dengan target lebih dari 10.000 IDES Cafe pada akhir tahun 2019.  Untuk daerah Bali, IDES Cafe ini akan disebut dengan Warung IDES.

Selanjutnya Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra, mengungkapkan bahwa dengan luas wilayah yang relatif kecil, Kabupaten Klungkung memiliki semangat yang luar biasa dalam mengembangkan potensinya. Terutama pengembangan saat ini yaitu daerah Nusa Penida. Untuk mendukung pengembangan tersebut, program seperti IDES cafe ini sangat penting keberadaannya.  “Kami (Pemerintah Kabupaten Klungkung) sudah menerapkan tranksaksi online, serta masing-masing desa sudah memiliki website yang dikoordinasikan oleh Kadiskominfo”, ungkap Sekda Klungkung.

Kemudian, dari Pemerintah Provinsi Bali juga melaksanakan program internet/wifi gratis ke desa-desa. Hal itu akan membantu pengembangan BUMDes. “Manfaatnya, penyelenggaraan pemerintahan desa, pemerintahan daerah sangat membutuhkan internet” tegas Sekda Klungkung. Diharapkan internet tersebut masuk ke semua dusun di Kabupaten Klungkung yang dapat melingkupi daerah-daerah blankspot terutama di Kecamatan Nusa Penida. Sekda Klungkung menyampaikan terima kasih atas dukungan pengembangan internet di Kabupaten Klungkung.

Menteri BUMN Rini Soemarno dalam sambutannya sebelum meresmikan IDES Cafe menyatakan penekanan program dari Presiden bahwa pembangunan dilaksanakan dari daerah terluar/terpinggir. “Dengan sambungan internet ini betul-betul saya harapkan, bapak ibu sekalian dimana pun berada, bisa mengakses pasar”, ungkapnya. Karena dengan lancarnya akses masyarakat terhadap pasar, maka akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraaan. Oleh karena itu, masyarakat hendaknya dapat memanfaatkan internet dengan baik sehingga membawa dampak positif demi kesejahteraan bersama melalui ekonomi digital. Selanjutnya dengan pemukulan gong, Menteri BUMN meresmikan secara nasional IDES cafe tersebut.

Acara peresmian itu juga diisi dengan video conference dengan Desa Budaya Pampang, Samarinda, Kalimantan Timur, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Desa Lenggang Kabupaten Belitung Timur, Desa Mandalamekar Kabupaten Tasikmalaya, Desa Dieng Wetan Kabupaten Wonosobo, dan Desa Kuala Langsa Kota Langsa.

Pada Kesempatan tersebut, Direktur Utama Icon + menyerahkan bantuan pengembangan desa kepada Desa Adat Sidayu, Tojan yang diwakili oleh Bendesa Adata, Komang Sudira. Bantuan yang diberikan sebesar Rp. 25.000.000,-.

 

*kaw*

Tinggalkan komentar