Kegiatan Rakornas Evaluasi Implementasi Sertifikat Elektronik

Bertempat di Hotel Santika, Kabupaten Banyuwangi, kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Implementasi Sertifikat Elektronik dilaksanakan selama 2 hari, mulai 12 – 13 Nopember 2019. Kegiatan diawali dengan kegiatan teknis pembaruan teknologi tanda tangan elektronik di pagi harinya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaharui sertifikat elektronik yang sudah diterbitkan sebelumnya, dengan teknologi yang baru. Kemudian pada malam harinya mulai Pukul 19.00 Wita, dilaksanakan kegiatan   ucapan selamat datang dari panitia dan dilanjutkan pemaparan dari Kepala BSrE BSSN, Bapak Rinaldy S.Sos., M.Ti.

Peserta rakornas ini adalah seluruh instansi pemerintahan di seluruh Indonesia yang telah melaksanakan perjanjian kerjasama dengan BSrE BSSN terkait penerapan sertifikat elektronik ini, yaitu dari Kementrian, Provinsi, Kabupaten/kota sampai dengan Pengadilan Tinggi. Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Klungkung Drs. I Wayan Parna hadir langsung pada acara ini, didampingi oleh Sekretaris Diskominfo Kab. Klungkung Ir. Nyoman Bagus Paramartha, M.Si, Kepala Bidang Persandian Ni Nyoman Luh Witari, SH dan Kasi Tata Kelola Persandian I Nengah Darma Sentana, SH.  Sampai dengan saat ini seluruh pengguna sertifikat elektronik BSrE berjumlah 166 perjanjian kerjasama yang dilaksanakan per Oktober 2019, termasuk Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Diskominfo Kabupaten Klungkung.

 

Dalam paparannya Kepala BSrE Bapak Rinaldy menyampaikan, tujuan pelaksanaan rakornas ini adalah mengevaluasi penggunaan penerapan sertifikat Elektronik, dan sharing knowledge penerapan pada masing-masing instansi yang telah menerapkan. Visi dari BSrE adalah menjamin keutuhan, keaslian dan nir-penyangkalan dalam transaksi E-Government. Perkembangan terbentuknya BSrE sampai dengan saat ini, yang terus menerus meningkatkan kualitas layanan dan fitur penandatangan agar lebih aman dan efisien. Mulai dari tata kelolanya, data center, IT Security Management dan inovasi teknologi sertifikat elektronik.

Acara di hari pertama diakhiri dengan coffe break dan pengisian kuisioner tingkat layanan BSrE BSSN. Acara Rakornas pada hari berikutnya adalah dimulai pada pukul 08.00 – 14.15 WIB. Salah satu agenda yang menarik pada hari kedua adalah sesi membagikan pengalama keberhasilan instansi pengguna dalam pemanfaatan tanda tangan elektronik BSrE. Pada sesi ini instansi yang membagikan pengalamannya adalah dari Badan Kepegawaian Negara, Dukcapil Kemendagri dan Kabupaten Gunung Kidul. Selain itu pada kesempatan ini juga diserahkan sertifikat ISO 9001 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) kepada BSrE sebagai bukti bahwa BSrE sudah menerapkan sistem manajemen mutu dalam pelayanan publik.

Tinggalkan komentar