Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Kamasan

     Pejabat Perbekel Desa Kamasan I Nengah Sukartina  membuka sosialisasi kelompok Informasi masyarakat (KIM) di ruang rapat Kantor Perbekel Desa Kamasan , Kamis 14 Nopember 2019. Dengan memanjatkan puji syukur atas Asung Kerta Wara Nugraha Ida Sang Hyang Widi Wasa pertemuan sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Kamasan berjalan dengan lancar. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman KIM masyarakat Desa Kamasan sehingga mampu menghadapi permasalahan yang ada di masyarakat melalui informasi. Peserta sosialisasi dari kalangan masyarakat pelukis wayang kamasan.

Acara Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat di Desa Kamasan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klungkung yang pada kesempaan ini di bawakan oleh Kepala seksi Pengelolaan Komunikasi Publik I Gede Suartika Dyana, ST, M.Si, Narasumber dari Ketua KPA Kabupaten Klungkung I Wayan Sumanaya, SH  tentang Bahaya HIV Aids bagi masyarakat.

Kepala Bidang Komunikasi I Putu Putra Dewa Antara, SS  mengatakan, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah identik dengan Kelompok Pendengar Pembaca dan Pemirsa (Kelompencapir) sebagai media informasi penyuluhan dan penerangan kepada masyarakat terkait peningkatan usaha serta kualitas hidup masyarakat.

Narasumber I Gede Suartika Dyana, ST, M.Si dikatakan di era  keterbukaan untuk memperoleh informasi semakin hari mengalami desakan yang cukup signifikan seiring dengan tuntutan diera globalisasi terlebih dengan adanya Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik setiap informasi dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik, kecuali informasi yang dikecualikan sebagaimana tertuang pada pasal 17 Undang-undang nomor 14 tahun 2008.

Bahwa di setiap Kecamatan, Kota dan Kabupaten perlu dibentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) terlebih di Desa Kamasan sebagai Desa Wisata,  diharapkan sebagai wahana informasi dan komunikasi antara anggota KIM dengan pemerintah atau sebaliknya, sebagai mitra dialog dengan pemerintah, sebagai sarana peningkatan pemberdayaan masyarakat dibidang informasi dan sebagai lembaga atau kelompok. Kelompok Informasi Masyarakat(KIM) sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi terutama dalam menyampaikan informasi yang positif bagi masyarakat. Artinya KIM yang dibentuk oleh masyarakat harus dapat berguna juga bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan Pemberdayaan KIM guna mengembangkannya.

Narasumber Ketua KPA Kabupaten klungkung disampaikan HIV adalah Virus penyebab AIDS. HIV menyerang sistem kekebalan tubuh (sel darah Putih), sehingga orang yang telah terinfeksi HIV mudah diserang berbagai penyakit yang dapat mengancam hidupnya. HIV bisa mengancam siapa saja, jika perilakunya beresiko. HIV menular melalui hubungan seks berganti-ganti pasangan, menggunakan alat suntik secara bergantian, dari Ibu ke bayi melalui proses hamil, melahirkan dan menyusui. Ditegaskannya perilaku setia dengan pasangan salah satu cara mencegah penularan HIV pungkasnya.

Acara sosialisasi ditutup oleh Pejabat Perbekel Desa Kamasan I Nengah Sukartina setelah sesi tanya jawab.

Tinggalkan komentar