Kegiatan Pembahasan Roadmap Bali Smart Island

Dinas Kominfos Provinsi Bali mengadakan kegiatan pembahasan konsep roadmap Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menuju Bali Smart Island pada Hari Rabu 27/11 bertempat di ruang rapat Dinas Kominfos Provinsi Bali. Pembahasan roadmap terfokus pada langkah-langkah ke depan untuk meningkatkan pelayanan secara elektronik disamping meningkatkan penilaian terhadap SPBE. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfos Provinsi Bali, Ir. I Nyoman Sujaya, MT pada pembukaan acara yang dihadiri oleh seluruh kepala perangkat daerah di lingkungan Provinsi Bali dan Perwakilan Dinas Kominfo Kabupten/Kota se-Bali. Hadir pula narasumber dari Fakultas Teknik Universitas Udayana, Prof. Dharma Putra selaku tim ahli dalam perancangan roadmap Bali Smart Island, serta dari Kelompok Ahli Pembangunan Prov. Bali.

Prof. Dharma Putra memaparkan bahwa target Provinsi Bali dalam beberapa tahun kedepan sesuai Roadmap yang telah tersusun adalah melampaui penilaian SPBE Kemen PANRB itu sendiri yaitu tercapainya Bali yang Smart (Bali Smart Island) yang didalamnya segala aspek kehidupan masyarakat sudah dapat dengan mudah terstruktur dan terdata secara elektronik. Berdasarkan penilaian SPBE tahun 2018 Prov. Bali masih pada kisaran 1,6 dengan skala 5, dalam hal ini Pemerintah Provinsi Bali berada pada kriteria kurang dari standar. Berbeda juga kondisi penilaian dengan Pemerintah Kabupaten Klungkung yang memperoleh nilai 2,10 (dengan kriteria Cukup). Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Bali melalui Diskominfos Provinsi Bali akan menggenjot dengan memanfaatkan media elektronik berupa Single Sign On pada portal Bali Era Baru untuk melaksanakan pelayanan kepada masyarakat maupun proses pada administrasi pemerintahan. Beragam fungsi yang terdapat pada portal tersebut untuk dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Bali.

Beberapa isi portal Bali Era Baru diantaranya seperti : Protal Tri Hita Karana, Portal Layanan Administrasi, Portal Layanan Publik, Portal Destinasi Digital, Portal Ekonomi Kreatif, Portal Satu Data Bali, News Semesta Bali, dan portal yang belum dikembangkan untuk fasilitas krama Bali. Portal ini yang nantinya berisi data elektronik masing-masing krama Bali.

Acara tersebut menjadi lebih interaktif karena pertanyaan-pertanyaan dari peserta terkait pelayanan kepada masyarakat dan prosesnya di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali maupun Kabupaten/Kota. Kepala Dinas Kominfos Provinsi Bali, dalam tanggapannya menyampaikan bahwa pembahasan roadmap Bali Smart Island tidak semata-mata untuk meningkatkan penilaian SPBE namun lebih kepada peningkatan pelayanan kepada krama Bali dan peningkatan kualitas SDM krama Bali. *gh

Tinggalkan komentar