Antarkan Informasi, Cerdaskan Masyarakat

 

Upaya yang berkelanjutan dalam membangun budaya internet yang positif harus dilakukan oleh Pemerintah bersama masyarakat. Pada Kamis (16/01), Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klungkung bekerjasama dengan SMPN 2 Semarapura melaksanakan literasi informasi dunia siber bertempat di sekolah tersebut dengan tema ANTARKAN INFORMASI, CERDASKAN MASYARAKAT (ANTI CEMAS).

Berbeda dengan kegiatan literasi yang pernah dilakukan, kali ini Diskominfo Klungkung berupaya secara aktif melaksanakan literasi dan membaur bersama siswa-siswi SMPN 2 Semarapura. Diskominfo membangun suasana kekeluargaan yang diharapkan mendekatkan Pemerintah dengan siswa sehingga materi tersampaikan dengan baik.

Sebelumnya, Diskominfo telah memberikan materi yang dapat diunduh dari diskominfo.klungkungkab.go.id. Materi diunduh oleh siswa sebagai bahan untuk presentasi dihadapan siswa lainnya. Materi bersumber dai Badan Siber dan Sandi Negara yang meliputi tips serta informasi berkaitan dengan dunia maya.

Hal yang unik adalah, salah satu siswa, Komang Nadia, Kelas 7 SMPN 2 Semarapura, menyampaikan materi dengan bahasa daerah Bali. Komang Nadia, secara umum mengungkapkan bijak dalam menggunakan media sosial. Sedangkan, Cika, menyampaikan materi dalam bahasa Inggris yang memaparkan tentang memanfaatkan gawai agar berdampak positif. Dicontohkan dalam promosi pariwisata Bali dengan konsep shot, speak, share. Informasi yang dimiliki itu dinarasikan dengan baik, lalu dibagikan kepada masyarakat.

Literasi ini adalah upaya Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klungkung dalam hal bijak bermedia sosial, serta anti konten negatif seperti hoax, cyberbullying, ujaran kebencian, maupun pornografi. Gerakan literasi masiv dengan jumlah peserta lebih dari 800 siswa ini, sebagai bentuk peningkatan kapasitas generasi muda untuk bersama-sama melakukan kontrol dalam dunia digital. Kegiatan ini akan menjadi pendorong bagi pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman konten negatif, serta bagaimana mengelola konten tersebut. Kontrol harus dilakukan bersama, tidak hanya pemerintah. Pemerintah berupaya semakin dekat dengan masyarakat (siswa) untuk berjalan bersama bergandengan tangan.

Kepala Sekolah SMPN 2 Semarapura, Ida Bagus Astawa, menyambut baik kegiatan Diskominfo Klungkung. Secara rutin, SMPN 2 Semarapura telah melaksanakan literasi setiap hari dengan tema dan bahasa yang berbeda. Kegiatan SMPN 2 Semarapura dikolaborasikan dengan Diskominfo yang memiliki fungsi penyebarluasan informasi. Diharapkan pendekatan pemerintah kepada masyarakat dapat berlangsung berkesinambungan.

*kaw

Tinggalkan komentar