“Anti Cemas” SMP N 1 Semarapura

Antarkan Informasi Cerdaskan Masyarakat “Anti Cemas” yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klungkung menjadi sangat interaktif dengan siswa-siswi SMPN 1 Semarapura. “Anti Cemas” menjadi kemasan komunikasi publik Diskominfo Kabupaten Klungkung yang berupaya mengubah pendekatan dalam penyebarluasan informasi kepada generasi muda. Informasi disampaikan dengan positif dan baik, dan diharapkan diterima dengan baik juga.

Kegiatan ini dikemas dengan penyajian materi dari siswa itu sendiri, kemudian mendapatkan tanggapan dari siswa lain. Suasana tersebut terbangun sangat interaktif. Hal ini dinilai efektif dalam menyampaikan informasi kepada generasi muda. Kegiatan dilaksanakan di halaman SMPN 1 Semarapura pada Selasa (11/01). Siswa menjadi penyaji sekaligus penanya.

Materi meliputi tips dalam dunia siber. Materi bersumber dari Badan SIber dan Sandi Negara. Para siswa dapat mengunduhnya dari diskominfo.klungkungkab.go.id, atau dari QRcode yang telah diberikan sebelumnya.

Tips itu diantaranya, pendampingan orang tua dalam memanfaatkan teknologi. Generasi muda terutama siswa sekolah menengah pertama memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, hendaknya dalam memenuhi keinginan itu tetap meminta bantuan dan penjelasan orang tua atau pendamping tentang dampak aplikasi teknologi itu. Tidak semua aplikasi itu baik dan aman.

“Play it SMART”, yang merupakan akronim dari Safe, Material, Accept, Reliable, Tell. Safe berarti tidak memberikan informasi pribadi kepada sembarang orang. Hal ini tentu harus diwaspadai, karena informasi pribadi dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk berbuat negatif.

Tips-tips itu dipresentasikan oleh para siswa secara bergiliran dihadapan siswa lainnya. Salah satu siswa memberi contoh dalam mudahnya mengakses situs dewasa. Bahkan orang yang lebih dewasa “mengajarkan” orang yang lebih muda untuk juga mengakses situs yang kurang pantas tersebut. Jadi pengaruh buruk bisa datang darimana saja, sehingga literasi informasi positif perlu diberikan kepada semua masyarakat.

Masyarakat harus cerdas dan kritis dalam dunia maya. Cerdas dalam mengelola informasi yang diterima. Sebagai netizen, menghargai diri sendiri dan orang lain dalam dunia maya sangat penting. Hal ini akan menghindarkan netizen itu sendiri dari intimidasi/pelecehan siber. Atau yang lebih dikenal dengan istilah cyberbullying. Generasi muda SMPN 1 Semarapura diajak bersama-sama untuk berani memberikan dukungan kepada teman yang diganggu. Dan para siswa SMPN 1 Semarapura diajarkan untuk mengetahui dampak dari intimidasi/pelecehan di dunia maya.

Kepala Sekolah SMPN 1 Semarapura menyambut baik pendekatan sosialisasi interaktif Dinas Kominfo Kabupaten Klungkung ini. Kegiatan “Anti Cemas” ini juga sejalan dengan literasi digital yang secara rutin sudah dilaksanakan oleh SMPN 1 Semarapura. Diharapkan Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Diskominfo Kabupaten Klungkung mengembangkan komunikasi kreatif sesuai dengan sasaran informasi. Sehingga kedepan dapat terbentuk komunikasi yang efektif dan efisien dalam jaringan informasi masyarakat.

Bidang Komunikasi pada Diskominfo Kabupaten Klungkung, sebagai penyelenggara teknis kegiatan ini, sangat berupaya mengajak masyarakat untuk semakin aktif partisipasinya dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Tujuannya adalah mewujudkan pemerintahan yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.(kaw)

Tinggalkan komentar