Peningkatan Kapasitas Admin Web Desa

Keterbukaan informasi publik menjadi kewajiban yang harus dijalankan oleh semua badan publik termasuk Pemerintah Kabupaten Klungkung. Transparansi penyelenggaraan pemerintahan daerah dicapai dengan memberikan informasi kepada masyarakat dengan baik dan benar. Salah satu media yang dapat menjangkau masyarakat secara luas yaitu website.

Pemerintah Kabupaten Klungkung menyediakan website bagi desa melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klungkung. Untuk mengoptimalkan fungsi website tersebut, pada Kamis (27/02/2020) tim website Diskominfo melaksanakan monitoring dan pembinaan website ke Desa Gunaksa, Desa Kusamba, Kampung Kusamba, dan Desa Pesinggahan. Dari kegiatan itu dimaksudkan untuk mengetahui dan mengintaris permasalahan serta saran dari para pengelola website di desa.

Sekretaris Desa, I Wayan Sudarsa, mengungkapkan website dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Di sisi lain, Kepala Seksi Pemerintahan Desa Gunaksa, I Wayan Sudarta, mengalami hambatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia dalam pengelolaan website. Dinamisnya perubahan data berdampak pada sulitnya pembaruan data pada website. Diharapkan ada integrasi data sehingga proses pengolahan data lebih sederhana dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan. Pengolahan data disesuaikan dengan kebutuhan informasi oleh pihak yang berkepentingan.

Dalam website yang disediakan oleh Diskominfo, sudah disediakan fasilitas  surat online. Surat online ini dapat mempermudah masyarakat untuk mengajukan surat permohonan. Tetapi dalam penerapannya belum maksimal, selain karena masih minimnya sambutan masyarakat yang terbiasa dengan pola lama, disebabkan juga oleh kurangnya kapasitas sumber daya manusia.

Di Desa Kusamba, admin desa menyarankan untuk pelatihan teknis tentang cara unggah data penduduk ke website serta pengolahan data tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kemudian kekurangan yang masih harus dioptimalkan pada website Desa Kusamba yaitu konten yang perlu diperbarui seperti informasi pemerintahan desa, dan struktur pada menu PKK, begitu pula transparansi keuangan. Senada dengan kondisi Desa Gunaksa dan Desa Kusamba, keadaan di Desa Kampung Kusamba masih terkendala sumber daya manusia serta pembaruan data.

Sedangkan di Desa Pesinggahan, admin website mengungkapkan kesulitan dalam unggah foto atau gambar. Foto yang akan diunggah ke website memiliki batasan resolusi dan ukuran file. Hal itu untuk kelancaran proses unggah dan kondisi pusat data. Dan Sekretaris Desa Pesinggahan mengungkapkan kurangnya kapasitas sumber daya manusia di Desa Pesinggahan.

Kepada semua desa, tim pembina dari Diskominfo Klungkung mengajak Desa bersama-sama mengoptimalkan website desa. Website menampilkan potensi/keunggulan desa serta perkembangan desa. Website menjadi salah satu media utama yang resmi milik pemerintah sebagai sumber informasi untuk media lainnya. Diharapkan desa membantu mengolah informasi sehingga masyarakat secara luas mengetahui kondisi dan perkembangan desa. Informasi potensi desa dikemas dengan baik sehingga menarik bagi pengunjung website. Pengelolaan website membutuhkan komitmen desa untuk lebih baik.

Jumlah pengelola website desa yang masih kurang berdampak pada kurangnya konsistensi pembaruan informasi website. Pelatihan akan diberikan secara detail pada kendala yang dihadapi. Diskominfo akan melaksanakan pelatihan secara teknis dan berkelanjutan yaitu melalui proses pembinaan, pelatihan, monitoring, serta evaluasi.

Evaluasi itu juga terkait dengan pelaksanaan Lomba Desa Terpadu. Lomba ini tidak hanya bertujuan untuk mengevaluasi website desa saja, tetapi juga evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan oleh Diskominfo itu sendiri. Website ini memiliki banyak manfaat, seperti menampilkan wajah desa, promosi produk desa, dan yang terutama sebagai media pelayanan masyarakat.

(kaw)

Tinggalkan komentar