Kartu Prakerja, Bukan Untuk Menggaji Pengangguran ya!

Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja. Jadi, bukan untuk menggaji pengangguran ya!.Bantuan yang akan diberikan untuk pelatihan adalah secara non-tunai.Apabila memenuhi syarat dan ketentuan, peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif.Insentif, yang terdiri dari Insentif Pelatihan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp. 600.000,- / bulan (selama 4 bulan), dan Insentif Survei Keberkerjaan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp. 50.000/survei (akan ada 3 survei).

Orang yang sudah bekerja, karyawan dan korban PHK juga boleh mendaftar program Kartu Prakerja, seperti yang tercantum pada situs  www.prakerja.go.id. Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta.Yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja. Ini sekaligus mengurangi dampak pandemi Covid-19.

Dikutip dari www.ekon.go.id, melalui Siaran pers, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia No. HM.4.6/45/SET.M.EKON.2.3/04/2020, Pemerintah Resmi Buka Pendaftaran Kartu Prakerja Tahap Pertama, 11 April 2020. Akan dibuka kuota untuk sekitar 164 ribu peserta. Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, 24 jam 7 hari dalam seminggu. Untuk gelombang pertama, pendaftaran dibuka sampai Kamis 16 April 2020, pukul 16.00 WIB. Pengumuman peserta yang lolos untuk gelombang pertama akan diumumkan pada Jumat 17 April 2020. Jika belum berhasil diterima sebagai peserta pada gelombang pertama, pendaftar dapat bergabung di gelombang selanjutnya.

“Sampai akhir 2020, direncanakan akan ada lebih dari 30 gelombang pendaftaran. Dan, total anggaran yang disediakan oleh pemerintah untuk tahun ini adalah sebesar Rp20 triliun,” ungkap Menko Airlangga saat Launching Pendaftaran Kartu Prakerja, di Jakarta (11/4). Dalam masa pandemi Covid-19 ini, pelatihan yang tersedia hanya pelatihan online. Ke depan, setelah kondisi normal, maka pelatihan juga akan melalui tatap muka (offline). Bantuan pelatihan lewat Kartu Prakerja ini hanya diberikan satu kali kepada satu orang. “Supaya manfaat ini dapat merata dan lebih banyak,” ujar Menko Airlangga.

Peserta yang menerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan melalui email dan/atau SMS. Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan. Peserta bisa memilih pelatihan yang diinginkan di platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, yaitu: Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker.

Untuk mendapatkan kartu prakerja ini, masyarakat harus mendaftar dan lolos seleksi. Tahapan yang harus diikuti tersebut diantaranya tes Motivasi & Kemampuan dasar pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran.

Tes merupakan salah satu komponen yang wajibdiikuti untuk mendaftar dan mendapatkan manfaat Kartu Prakerja. Tes Motivasi & Kemampuan dasar dengan berdurasi maksimal 25 menit dengan 19 soal, dan bisa menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes. Setiap seleksi Gelombang mempunyai periode tertentu dan kuota, pada saat melakukan proses pendaftaran, jangan lupa segera untuk ikut seleksi Gelombang agar tidak ketinggalan kuota.

Sejalan dengan hal di atas, Kementerian Dalam Negeri juga mengeluarkan Surat Edaran nomor: 560/2821/SJ tentang Pelayanan Pendaftaran Kartu Pekerja, bahwa Kartu Prakerja diharapkan dapat memberikan perlindungan sosial dampak wabah Covid-19. Pada surat edaran tersebut, Kemendagri memerintahkan kepada Kepala Dinas yang membidangi urusan tenaga kerja, perdagangan, perindustrian, pariwisata, serta koperasi, usaha kecil dan menengah untuk memberikan pelayanan pendaftaran bagi warga yang tidak bisa mendaftarkan secara online melalui website Program Kartu Prakerja (www.prakerja.go.id) yaitu dengan memberikan fasilitas alat elektronik serta bimbingan pendaftaran kepada warga yang dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

SE Pelayanan Pendaftaran Kartu Prakerja

Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut, dapat mengakses:

Website: http://www.prakerja.go.id
Email: info@prakerja.go.id
Instagram: @prakerja.go.id
Call Center: 021-25541246 (Jam Kerja: Senin-Jumat, Pukul 08.00-19.00 WIB)

#salamgemasanti

(kaw)

Tinggalkan Balasan