HARDIKNAS 2020, “Belajar dari COVID-19”

2 Mei 2020 diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.Tahun 2020 ini, peringatan Hardiknas dilaksanakan secara berbeda ditengah pandemi covid-19. Salah satunya pelaksanaan upacara bendera. Instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri untuk mengikuti jalannya upacara bendera secara virtual melalui siaran langsung di kanal Youtube KEMENDIKBUD RI, dari rumah atau tempat tinggal masing-masing.

Mengacu pada Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020, diimbau setiap satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan Republik Indonesia di luar negeri tidak mengadakan kegiatan/aktivitas peringatan Hardiknas 2020 yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak pada suatu lokasi.

Aktivitas/kegiatan alternatif untuk memperingati dan memeriahkan Hari Pendidikan Nasional 2020 dapat dilakukan secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat COVID-19, mendorong pelibatan dan partisipasi publik, serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

Kemendikbud meniadakan penyelenggaraan upacara bendera yang biasanya dilakukan satuan pendidikan, kantor Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah, serta perwakilan pemerintah Republik Indonesia di luar negeri sebagai bentuk pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Acara peringatan Hardiknas 2020 juga diselenggarakan bekerja sama dengan TVRI melalui program tayangan khusus. Insan pendidikan dapat menyaksikan program peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 yang diberi judul sesuai tema, yakni ‘Belajar dari Covid-19’, di TVRI pada hari Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 19.00 WIB.

Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 disusun dengan memperhatikan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Coronavirus Disease 2019 dan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non-Alam Penyebaran Coronavirus Disease 2019 sebagai Bencana Nasional.

 

Arti Logo HARDIKNAS 2020

Logo peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 menggambarkan bintang. Bintang tersebut disusun dari bentuk bintang itu sendiri, yang memancarkan keceriaan, dan sebuah pena.Dengan konsep gradasi merujuk pada semangat kreativitas dan inovasi generasi muda dalam memaksimalkan potensinya.

Bintang:

Menggambarkan semangat Jardiknas yang selaras dengan visi dan misi pemerintah untuk melahirkan generasi Indonesia yang cerdas berkarakter.Dengan garis luwes menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang sangat dinamis.

Keceriaan:

Menggambarkan suasana pendidikan Indonesia yang menggemberikan, penuh dengan antusiasme dan gotong royong serta partisipasi publik.

Pena:

Menggambarkan proses pendidikan sebagai sebuah proses penciptaan mahakarya yang memerlukan perpaduan holistik antara kemampuan intelektual, emosional dan spiritual dalam pelaksanaannya.(kaw)

Sumber: https://www.kemdikbud.go.id

Tinggalkan Balasan