Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 24 tahun 2016, tanggal 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai hari Lahir Pancasila. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, harus ditegakkan dan diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam rangka menegakkan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila perlu dilakukan pembinaan ideologi Pancasila melalui program yang disusun secara terencana, sistematis, dan terpadu sehingga menjadi panduan bagi seluruh penyelenggara negara, komponen bangsa, dan warga negara Indonesia.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia harus diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi, sehingga kelestarian dan kelanggengan Pancasila senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam sejarah, Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang dipimpin oleh dr. KRT Radjiman Wedyodiningrat telah menyelenggarakan sidang yang pertama pada tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945 dengan agenda sidang membahas tentang dasar negara Indonesia merdeka.

Dan untuk pertama kalinya Pancasila sebagai dasar negara diperkenalkan oleh Ir. Soekarno, Anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945.

Sejak kelahirannya pada tanggal 1 Juni 1945, Pancasila mengalami perkembangan hingga menghasilkan naskah Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 oleh Panitia Sembilan dan disepakati menjadi rumusan final pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Rumusan Pancasila sejak tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, rumusan Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 hingga rumusan final tanggal 18 Agustus 1945 adalah satu kesatuan proses lahirnya Pancasila sebagai Dasar Negara.

Tanggal 18 Agustus telah ditetapkan sebagai Hari Konstitusi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2008, sehingga untuk melengkapi sejarah ketatanegaraan Indonesia perlu ditetapkan hari lahir Pancasila Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

Dalam menjalankan nilai-nilai dalam Pancasila, dibutuhkan suatu unit kerja. Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila yang selama ini melakukan pembinaan ideologi Pancasila perlu disempurnakan dan direvitalisasi organisasi, tugas dan fungsinya. Melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2018, dibentuklah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Diharpkan pengamalan nilai Pancasila dapat lebih efektif dijalankan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, yang selanjutnya disingkat BPIP adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. BPIP mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standarisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/ lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya.

Dalam peringatan hari lahir Pancasila tahun 2020, BPIP mengeluarkan pedoman pelaksanaan. Hal ini juga terkait dengan situasi pandemi covid-19 sehingga peringatan ini dilaksanakan secara daring dan tidak mengumpulkan banyak orang di satu tempat.

Seluruh komponen masyarakat Indonesia agar mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 (satu) hari pada tanggal 1 Juni 2020. Pengibaran bendera dilakukan pada pukul 06.00 sampai dengan 18.00 waktu setempat. Inipun karena tidak ada upacara penaikan bendera pada peringatan Hari Lahir Pancasila. Tema Hari Lahir Pancasila tahun 2020 mengambil tema “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju”.

Agenda peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 diisi dengan siaran daring melalui kanal youtube BPIP RI, instagram BPIP RI @cerita.pancasila, dan laman facebook Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, TVRI serta RRI Kegiatan itu dimulai pk 09.00 wita. Dengan kegiatan utama pidato Hari Lahir Pancasila oleh Presiden Republik Indonesia.

Tautan untuk unduh pedoman:
Surat Edaran Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020
Logo dan Tema Harlah Pancasila 1 Juni 2020
Background Print
Tata Tertib Video Conference Peringatan Hari Pancasila 2020

*kaw

 

Tinggalkan Balasan