SKB CPNS 2019 Pemkab Klungkung, Peserta Dianjurkan Isolasi Mandiri

Seleksi Kompetens Bidang (SKB) pada penerimaan CPNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung formasi tahun 2019 akan dimulai 7 September 2020. Hal itu sesuai dengan pengumuman dari Panitia Seleksi CPNS Pemkab Klungkung, nomor: 28/PANSEL.CONS/KLK/2020, tanggal 18 Agustus 2020.
Pengumuman tersebut memuat jadwal dan tata cara pelaksanaan SKB. Terkait masa tatanan kehidupan baru ini, prosedur penyelenggaraan seleksi tetap menggunakan computer assisted test (CAT). Juga tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019 (Covid-19).
Peserta SKB merupakan orang-orang yang telah lulus seleksi kompetensi dasar yang telah diumumkan pada 22 Maret 2020 lalu. Pelaksanaan SKB dibagi menjadi waktu dan tempat berbeda. Tempat SKB merupakan pilihan dari peserta. Diantaranya BPSDM Provinsi Bali, BKN Pusat, Kantor Regional (Kanreg) I BKN Yogyakarta, Kanreg II BKN Surabaya, Kanreg X BKN Denpasar, Kanreg III BKN Bandung, UPT BKN Balikpapan, UPT BKN Tarakan, UPT BKN Lampung, serta UPT BKN Mataram.
SKB tahun ini sedikit berbeda karena pandemi Covid-19. Peserta SKB diharuskan menggunakan sarung tangan karet, masker serta pelindung wajah. Pun peserta akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum mengikuti seleksi. Peserta yang suhu tubuhnya kurang dari 37,3 derajad celcius akan diperkenankan mengikuti seleksi. Sebaliknya, jika diatas itu, akan dilakukan pemeriksaaan kedua terhadap suhu tubuh peserta.
Apabila pada pemeriksaan kedua suhu tubuhnya masih diatas yang ditentukan, maka dilakukan pemeriksaan oleh tim kesehatan. Tim kesehatan akan memberikan rekomendasi untuk memperbolehkan atau penundaan untuk mengikuti seleksi.
Jika tim kesehatan menilai dapat mengikuti seleksi, maka peserta mengikuti seleksi pada sesi yang bersangkutan dengan ditangani petugas khusus dan ruang seleksi khusus. Sedangkan, apabila tidak dapat mengikuti seleksi, maka peserta diberikan kesempatan mengikutinya pada sesi cadangan yang dijadwalkan secara khusus.
Jumlah peserta sebanyak 315 orang. Yang terbagi 293 orang mengikuti seleksi di BPSDM Provinsi Bali, dan 22 orang tersebar sesuai disebutkan sebelumnya. Juga seleksi diikuti peserta secara bertahap sesuai sesi. Sebelum satu sesi dimulai, akan dilakukan penyemprotan disinfektan.
Dengan pentingnya seleksi ini bagi peserta, Panitia bahkan menganjurkan agar peserta melaksanakan isolasi mandiri 14 hari sebelum pelaksanaan. Kondisi tubuh agar dijaga sehingga menghindarkan dari tes rapid yang reaktif.
Dalam pengumuman, Panitia juga mencantumkan tata tertib yang wajib diikuti peserta. Diantaranya ketentuan protokol kesehatan. Selain itu isolasi mandiri, peserta diharuskan dalam kondisi bersih (mandi dan cuci rambut) serta menjaga kebersihan. Yang tidak kalah penting, peserta tidak diperkenankan mampir ke tempat lain selain menuju ke tempat seleksi. Hal itu untuk kebaikan peserta sendiri.
Pada ketentuan pelaksanaan SKB, disebutkan peserta menggunakan pakaian sopan dan rapi. Kemeja putih lengan panjang dan rok/celana panjang hitam. Sepatu hitam. Bagi peserta yang memakai jilbab menggunakan jilbab warna hitam tanpa asesoris.
Ketentuan lain-lain seperti peserta tidak diperkenankan memakai asesoris/perhiasan dan ikat pinggang ke dalam ruangan CAT. Barang yang dibawa dapat dititipkan pada tempat penitipan yang disediakan.
Peserta wajib memperhatikan tata tertib di atas. Kelalaian peserta dalam membaca dan memahami pengumuman menjadi tanggung jawab peserta. Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi dikemudian hari setelah adanya pengumuman kelulusan hasil akhir, dikethaui terdapat keterangan yang tidak sesuai/tidak benar, Panita Seleksi dapat menggugurkan kelulusan.
Dalam seluruh tahapan pelaksanaan kegiatan seleksi ini TIDAK DIPUNGUT BIAYA. (Kaw)

Sumber:
Pengumuman Panitia Seleksi CPNS Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung Formasi Tahun 2019, Nomor : 28 /Pansel.Cpns/Klk/2020, Tanggal : 18 Agustus 2020

Website: bkpsdm.klungkungkab.go.id

Tinggalkan komentar