Inovasi Santunan Kematian Pemkab Klungkung, Dipelajari Pemkab Musi Rawas

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta dan Ny. Sri Kasta didampingi Kadis Dukcapil Klungkung | Komang Dharma Suyasa menerima kunjungan Kerja rombongan Pemkab Musi Rawas, Sumatra Selatan, yang dipimpin Wakil Bupati Musi Rawas HJ. Suwarti bertempat di Rumah Dinas Wakil Bupati Klungkung pad Sabtu (3/4/2021).
Tujuan rombongan Pemkab Musi Rawas melakukan Kunjungan Kerja adalah sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan kegiatan 9 program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas 2021 – 2026, dimana salah satunya adalah program santunan kematian.
Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menyampaikan bahwa Program pemberian santunan Kematian sudah berjalan di Kabupaten Klungkung, dan dilaunching Bupati Klungkung pada Bulan November 2020.
Selain pemberian santunan kematian, untuk urusan kependudukan Kabupaten Klungkung memiliki beberapa inovasi lainnya, yakni BELANANDA (anak lahir mendapat akta Kelahiran), Kawi Smara (Pasangan yang mengadakan pernikahan mendapatkan Akta Perkawinan dan mendapatkan KTP baru dengan status menikah), dan Pitra Bakti (orang meninggal mendapatkan akta kematian dan langsung dihapus dari KK keluarga).
“Semua inovasi tersebut, diciptakan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Kabupaten Klungkung dalam mengurus administrasi Kependudukan sehingga jumlah penduduk menjadi valid,” ujar Wabup Kasta.
Wakil Bupati Musi Rawas HJ. Suwarti setelah mendengarkan pernyataan dari Wabup Kasta menyatakan Program Pemkab Klungkung, yakni Pitra Bakti, dan inovasi lainnya dinilai sangat membantu masyarakat.
“Kedepan saya akan tugaskan Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Pemkab Musi Rawas untuk melakukan Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM) mengenai beberapa inovasi yang ada di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Pemkab Klungkung,” ujar HJ. Suwarti.

SALAM GEMA SANTI

Sumber: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Klungkung

Tinggalkan Balasan