Bupati Suwirta Ajak Masyarakat Klungkung Bergaya Hidup Sehat Dengan Tidak Merokok

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr. Ni Made Adi Swapatni menerima audiensi dari Udayana Central bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung pada rabu (28/4/2021).
Audiensi ini berkaitan penyampaian Survey Prevalensi Merokok Masyarakat Di Kabupaten Klungkung. Pelaksanaan survey Udayana Central bekerjasama dengan Kader GEBRAK (Gerakan Bersama Anti Rokok) dan stakeholder terkait di Kabupaten Klungkung.
Perwakilan Udayana Central, dr. Putu Ayu Swandewi Astuti, MPH, PhD menyampaikan tujuan survey ini antara lain untuk mengetahui prevalensi perokok dan perilaku merokok rumah tangga di Kabupaten Klungkung; menggambarkan prevalensi perokok di Kabupaten Klungkung berdasarkan karakteristik Sosiodemografi; mengetahui prevalensi merokok dengan kejadian penyakit tidak menular di Kabupaten Klungkung; mengetahui faktor perilaku dan keinginan berhenti merokok pada masyarakat di Kabupaten Klungkung; mengetahui pengetahuan masyarakat tentang kebijakan pengendalian rokok di Kabupaten Klungkung dan menyusun prioritas masalah dan penanggulangan masalah merokok di Kabupaten Klungkung.
kesimpulan dari survey yang dilakukan antara lain lebih dari 80% masyarakat yang merokok memiliki keinginan untuk berhenti merokok dan lebih dari 80% masyarakat memiliki pengetahuan yang baik mengenai bahaya rokok mencakup kandungan zat adiktif, bahaya perokok pasif, dan penyakit akibat rokok serta sebagian besar masyarakat mengetahui bahwa paparan asap rokok menjadi faktor risiko berbagai penyakit.
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan
kepada Dinas Kesehatan dan isntansi terkait agar terus berkomitmen dalam menurunkan angka perokok di Kabupaten Klungkung dan agar menyiapkan iklan-iklan yang isinya mengenai kesaksian perokok dari berbagai komponen masyarakat yang berhenti merokok.
“Mari laksanakan, Gaya Hidup Sehat untuk menciptakan masyarakat Klungkung yang unggul dan sejahtera”, ajak Bupati Suwirta.

SALAM GEMA SANTI

Sumber: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Klungkung

Tinggalkan Balasan