Bupati Suwirta Ajak Masyarakat Teladani Semangat Puputan Dalam Melaksanakan Swadarma

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta tampil selaku inspektur upacara pada upacara peringatan HUT Puputan Klungkung ke-113 dan HUT Kota Semarapura ke-29, yang digelar di halaman belakang Kantor Bupati Klungkung, Rabu (28/4) pagi.
Perayaan kali ini mengambil tema: “Dengan Semangat Puputan Klungkung, Kita Tauladani Nilai-Nilai Perjuangan Ida Dewa Agung Jambe.”
Dalam sambutan Gubernur Bali I Wayan Koster, yang dibacakan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan Peringatan Hari ini harus disikapi secara arif dan bijaksana sebagai refleksi bagi generasi sekarang untuk mencapai kesejahteraan masyarakat tanpa melupakan perjuangan para pendahulu kita. Diharapkan pula kebijakan dan program-program pemerintah Kabupaten Klungkung sejalan dengan Visi Pemerintah Provinsi Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana.
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Klungkung agar mentauladani Nilai-nilai Puputan Klungkung. “Dalam membangun Klungkung kita seyogyanya mentauladani semangat puputan, dengan demikian kita harus puputan dalam melaksanakan swadarma masing-masing. Misalnya pemerintah Kabupaten Klungkung harus secara maksimal menuntaskan pemenuhan kebutuhan hak dasar masyarakat.” Ajak Bupati Suwirta.
Tahun-tahun sebelumnya Upacara Peringatan ini digelar di alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, kali ini karena situasi pandemi Cobid19 upacara dilaksanakan di belakang Kantor Bupati Klungkung. Hadir pula, Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Ida Dalem Semaraputra dan Forkompinda serta jajaran OPD Pemkab Klungkung yang mengikuti upacara peringatan secara virtual dari masing-masing unit kerja.
Dalam apel tersebut, diisi pembacaan sejarah singkat Puputan Klungkung dan penyerahan piala kepada pemenang film dokumenter tingkat umum se-Bali yakni juara 1 kepada Lima Visual dengan judul karya “Mati Tan Tumut Pejah” disutradarai I Gusti Agung Bagus Cakraningrat, Juara 2 kepada Oregano Film dengan karya “Dharmaning Ksatrya” disutradarai I Dewa Nyoman Rai Dharma Yadnya, Juara 3 Smadara Journalism Team hasil Karya “Medal Agung” disutradarai Chaterina Intan Priyaningrum.

SALAM GEMA SANTI

Sumber: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Klungkung

Tinggalkan Balasan