Bupati Suwirta: Apresiasi Kegiatan Pendataan Keluarga 2021, Berharap Data Kependudukan Lebih Akurat

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima audiensi dari Tim BKKBN Pusat di ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung, Selasa (4/5/). Kunjungan ini dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pendataan Keluarga Tahun 2021 oleh BKKBN. Kehadiran Tim yang terdiri dari Deputi BKKBN Bidang Pengendalian Penduduk, Dwi Listyawardani dan Kepala Perwakilan BKKBN Bali Agus Putro Proklamasi, diantarkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDPKB) Kabupaten Klungkung I Wayan Suteja.
Deputi BKKBN Bidang pengendalian Penduduk, Dwi Listyawardani menyampaikan untuk Kabupaten Klungkung, sampai hari ini petugasnya telah mendata sebanyak 17.776 KK (33,38%) dari target 53.248 KK. Sehingga menjadikan Klungkung kabupaten dengan capaian tertinggi di Bali.
Sementara itu Bupati Suwirta dalam kesempatannya mengatakan kegiatan pendataan keluarga sejalan dengan mjmpi terdahulu dalam upaya mendapat data yang lebih akurat tentang data kependudukan. Data ini akan sangat penting dalam hal pengambilan keputusan. Namun pihaknya juga menyayangkan terjadi perbedaan yang signifikan antara data dari Dinas Catatan Sipil dengan data dari Kantor Badan Pusat Statistik. Menurutnya hal ini diakibatkan oleh lambatnya petugas dalam proses input data dan kelemahan aplikasi yang digunakan. Namun pihaknya juga mengapresiasi para petugas sehingga proses pendataan yang merupakan niat baik dari pemerintah pusat bisa tetap berjalan.
“Petugas harus bekerja teliti lagi sehingga data yang dihasilkan menjadi lebih akurat dan tepat sekali jika para petugas diberikan target dalam menyelesaikan tugas tugasnya dilapangan,” ujar Bupati Suwirta.

SALAM GEMA SANTI

Sumber: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Klungkung

Tinggalkan Balasan