Bupati Suwirta Muspayang Puja Wali di Pura Sad Kahyangan Goa Lawah, Pura Melanting Takmung, Pura Dalem Bugbug Gelgel dan Pura Sila Pegat Lepang

Bertepatan dengan rahina Anggara Kasih, Medangsia, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny Ayu Suwirta muspayang upacara Puja Wali yang dirangkai dengan Karya “Padudusan Agung ” di Pura Sad Kahyangan Goa Lawah pada Selasa, (4/5). Turut hadir dalam upacara ini Ida Dalem Semaraputra, Wakil Ketua DPRD Klungkung Tjokorda Gede Agung, Kepala BPD Cabang Klungkung yang disambut oleh Perbekel Desa Pesinggahan dan para prajuru setempat.
Bendesa Pura Agung Goa Lawah dr. Gede Bagus Darmayasa mengatakan pada puncak karya Padudusan Agung ini dipuput oleh dua orang sulinggih Ida Pedanda Siwa Buda yakni Ida Pedanda Ketut Darma bersama Ida Pedanda Istri dari Gria Wanasari dan Ida Pedanda Gede Karang Keniten dari gria Satria Kanginan. Upacara ini diiringi beberapa pementasan tari wali seperti Rejang Dewa, Tari Baris Gede. Dalam rangkaian karya agung ini, juga dilaksanakan pawintenan beberapa warga pengempon dan warga lainnya.
Sehari sebelumnya juga telah dilakukan upacara melasti, mapepada dan ngaturang pakelem di Segara Goa Lawah, pada hari Minggu (2/5/2021).
Upacara melasti bertujuan sebagai upaya penyucian seluruh pralingga Ida Batara, demikian juga mapepada untuk menyucikan binatang yang akan digunakan sebagai sarana upacara.
Lebih lanjut Bendesa Pura Agung Goa Lawah dr. Gede Bagus Darmayasa menjelaskan setelah pelaksanaan puncak karya, Ida Bhatara akan nyejer selama tujuh hari dan terakhir upacara mejauman dan penyineban dilaksanakan pada 11 Mei 2021.
Selain muspayang pujawali di Pura Goa Lawah, Bupati Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta lanjut melakukan persembahyangan di Pura Prajapati dan Pura Dalem Bugbug Desa Gelgel, Pura Melanting Desa Takmung dan terakhir di Pura Sila Pegat Desa Lepang Kecamatan Banjarangkan.

SALAM GEMA SANTI

Sumber: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Klungkung

Tinggalkan Balasan