TOSS Center Karangdadi Jalin Kerjasama dengan Program Pascasarjana Universitas Warmadewa

TOSS Center Karangdadi melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (LHP) Kabupaten Klungkung menjalin kerjasama dengan Program Studi Magister Sains Pertanian, Program Pascasarjana Universitas Warmadewa dalam hal penelitian aplikasi pupuk kompos hasil dari sampah organik TOSS. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Kerjasama Operasi (KSO) antara Kepala Dinas LHP I Ketut Suadnyana dengan Ketua Program Studi Magister Sains Pertanian Program Pascasarjana Universitas Warmadewa Dr. Ir. I Dewa Nyoman Sudita di Gedung TOSS Center Karangdadi Kusamba, Kecamatan Dawan, Minggu (16/5).
Acara penandatanganan turut disaksikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Direktur Program Pascasarjana Universitas Warmadewa Dr. Dra.A.A. Rai Sita Laksmi,Msi., Kepala Dinas Pertanian IB. Juanida serta sejumlah mahasiswa pascasarjana Unwar.
“Saya membuka ruang supaya tempat ini menjadi tempat edukasi dan membuka ruang bagi perguruan tinggi untuk menerapkan teori yang dimiliki perguruan tinggi. Karena selama ini kami tidak banyak teori yang digunakan namun kami langsung action dan bergerak atas apa yang ada dilapangan. Tugas akedemik selanjutnya supaya melengkapi aksi kami dengan teori yang ada sehingga bisa saling melengkapi. Teori tanpa praktek tidak akan berjalan dengan baik begitu juga sebaliknya praktek tanpa teori juga tidak berjalan maksimal. ” ujar Bupati Suwirta.
Lebih lanjut Bupati Suwirta berharap supaya hasil penelitian disampaikan apa adanya. Jika penelitian berhasil maka akan dikembangkan pada lahan yang lebih luas dengan varietas yang lain.
Kadis LHP I Ketut Suadnyana mengatakan dengan kerjasama ini selanjutnya pihak dari Program Studi Magister Sains Pertanian Program Pascasarjana Universitas Warmadewa akan melakukan penelitian dan kajian akademis terhadap aplikasi pupuk kompos hasil dari TOSS Center. untuk tahap awal lahan seluas 10 are di area TOSS Center akan dimanfaatkan untuk melakukan ujicoba penerapan pupuk TOSS pada tanaman, seperti jagung, cabe besar, cabe rawit dan bawang merah. Selain diberikan kompos dari TOSS juga akan diberikan pupuk kotoran ayam dan NPK sebagai pembanding.
Sementara itu, Kaprodi MSP Universitas Warmadewa, Dr. Ir. I Dewa Sudita, M.P menyatakan pihaknya siap membantu melakukan kajian secara akademis. Kajian akademis tersebut nantinya akan dipublikasikan sebagai karya ilmiah melalui jurnal-jurnal ilmiah.
Usai kegiatan penandatangan KSO, Bupati Suwirta bersama rombongan akademisi Unwar, Kadis LHP dan Kadis Pertanian selanjutnya melakukan penanaman secara simbolis bibit bawang pada lahan yang telah disiapkan.

SALAM GEMA SANTI

Sumber: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Klungkung

Tinggalkan Balasan