Bupati Suwirta Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan TPS3R Desa Akah

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung I Ketut Suadnyana melakukan peletakan batu pertama pembangunan TPS3R bertempat di Desa Akah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung pada Rabu (09/06/2021)
Turut hadir dalam Kegiatan tersebut Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Pemkab Klungkung Anak Agung Gde Lesmana, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan I Made Jati Laksana, dan Perangkat Desa Akah serta undangan terkait lainnya.
Pembangunan TPS3R Reguler Kabupaten Klungkung menggunakan dana APBN sebesar Rp. 600.000.000,-, dana swadaya masyarakat Rp. 1.600.000,- dan dana APBDES Rp. 99.898.670,-. Dengan lama pengerjaan 104 hari kalender, pelaksana KSM Bangun Lestari dan luas bangunan TPS3R kurang lebih 23 Are.
Pj Perbekel Desa Akah Putu Gede Susila dalam sambutannya mengharapkan dengan dibangun TPS3R ini dapat menjadikan Desa Akah menjadi Desa yang bersih dari sampah.
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan bahwa Pemkab Klungkung sangat serius dalam menangani permasalahan sampah. “Mengelola sampah tidak semudah yang dibicarakan, butuh komitmen dan kesungguhan, serta dukungan diri sendiri dan masyarakat dalam melakukan pola memilah sampah dari sumber,” pesan Bupati Suwirta.
Bupati Suwirta berharap kepada Perangkat Desa dan Pengelola TPS3R, agar dalam pengoperasian TPS3R dapat dikelola dengan baik.
“Apabila Desa Akah bisa terbebas dari sampah dan kompos hasil TPS3R dari desa dapat digunakan untuk memperindah tampilan desa serta memiliki sanitasi yang bersih, maka akan mempunyai nilai tinggi dalam artian masyarakat desa akan menjadi bahagia,’ ujar Bupati Suwirta.
Bupati Suwirta menambahkan bahwa Indikator Keberhasilan pengelolaan sampah, apabila di LIngkungannya tidak terdapat sampah sama sekali, terutama sampah plastik. “Saya beserta intansi terkait akan kawal terus pengoperasian pengelolaan sampah di TPS3R Desa Akah,” imbuhnya.
Bupati Suwirta menyatakan dalam rangka mengoptimalisasikan TOSS di Kabupaten Klungkung diperlukan adanya, sinergitas antara Pemerintah Pusat, Provinsi, Daerah dan peran serta masyarakat, karena masalah sampah merupakan tanggung jawab kita bersama.
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan Terimakasih kepada Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bali dan Pemprov Bali atas bantuannya dalam membangun TPS3R. Semoga kedepan, BPPW dan Pemprov Bali dapat membantu Pemkab Klungkung dalam mensejahterakan masyarakatnya.

Salam Gema Santi

Sumber: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Klungkung

Tinggalkan Balasan